Please enable JS

Wadahi Industri Kreatif, Pemkot Dirikan Malang Creative Center

05 Nov 2016 / Berita
img

Wadahi Industri Kreatif, Pemkot Dirikan Malang Creative Center

05 Nov 2016

Radar Malang | 04-Nov-2016

MALANG KOTA – Mal atau pusat perbelanjaan di Kota Malang kian beragam. Malang Creative Center (MCC) sebagai pusat penjualan industri kreatif, bakal segera hadir di Kota Malang. Rencananya, MCC bakal dibangun Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkot Malang di Jalan Bondowoso, Kota Malang.

Bangunan yang akan menjadi pusat kolaborasi 16 subsektor ekonomi kreatif tersebut akan berdiri dengan empat lantai. Nantinya, MCC juga menjadi ruang publik yang bermanfaat dan terbuka secara umum. ”Pembangunan MCC masih dalam tahap perencanaan dan sedang kami usulkan ke pemerintah pusat,” kata Kepala Disperindag Kota Malang Tri Widyani usai pembukaan Festival Mbois di Digital Lounge, Kamis (3/11).

Yani mengatakan, program pendirian MCC merupakan salah satu impian Wali Kota Mochammad Anton bersama teman-teman kreatif di Kota Malang. Ditargetkan dalam 1-2 tahun ke depan, MCC sudah berdiri dan bisa ditempati. Dengan demikian, Kota Malang mempunyai wadah bagi para pelaku kreatif. ”MCC sekaligus sebagai salah satu upaya mewujudkan Kota Malang sebagai kota kreatif. Selain itu, juga untuk menumbuhkan atmosfer berwirausaha,” kata dia.

Sementara itu, Festival Mbois yang dibuka kemarin, merupakan kegiatan yang diselenggarakan Malang Creative Fusion (MCF) bersama disperindag. Beragam kegiatan digelar dalam Festival Mbois. Mulai dari workshop kriya, desain komunikasi visual, game, musik, fashion, dan banyak lagi. Festival yang akan berlangsung selama satu bulan kedepan hingga tanggal 16 Desember tersebut, diikuti 16 subsektor ekonomi kreatif .

”Dengan Festival Mbois ini, kami berharap, pelaku ekonomi kreatif di Kota Malang dapat berkolaborasi dan bersinergi. Tujuannya bisa menjadikan Kota Malang sebagai kota kreatif dunia,” harap Yani.

Festival Mbois secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Malang Idrus Achmad. Pembukaan itu juga dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, Koordinator MCF Vicky Arief, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (zya/c1/yak

Tautan berkas terlampir:

Nama File Jenis File Ukuran File Link Download
pameran-copy__147819-660x346.jpg jpg (image) 64.76 kB Unduh File