Lolipop

Terdapat banyak sekali Umkm di Kota Malang ini, khususnya yang berkualitas, unggul, dan mampu bersaing secara lokal dan internasional hingga saat ini. Salah satu UMKM yang berada di Kota Malang yang masih berproduksi adalah UMKM Lolipop yang berada di Desa Kucur, Kecamatan Dau, Malang.

UMKM Lolipop merupakan usaha produksi permen pelangi yang terbuat dari gula asli dengan pewarna makanan rasa buah-buahan. Pabrik utama Lolipop berada di kota Batu dan Desa Kucur merupakan salah satu cabang dari lolipop tersebut. Usaha ini telah dijalankan selama 5 tahun di Desa Kucur.

UMKM Lolipop telah memberdayakan para warga sekitar terutama para wanita. Setiap harinya UMKM tersebut memproduksi permen dari pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB agar mampu untuk memenuhi target yang diminta. Permen-permen yang sudah dikemas akan segera dikirim ke Kota Batu.

Pemasaran lolipop ini ke seluruh Indonesia, kecuali Pulau Jawa karena masih belum mendapatkan sertifikat Halal. Jadi untuk pemasaran di pulau jawa masih belum dijalankan. Pembuatan permen Lolipop di Desa Kucur ini masih tergolong manual, dengan alat-alat yang hanya dapat dikerjakan oleh tenaga manusia saja. Akan tetapi tidak perlu diragukan lagi kemampuan para pekerja dalam memproduksi permen-permen lolipop tersebut, karena mereka dengan sigap dan cekatan mengerjakan setiap potongan-potongan permen. Hanya saja masih diperlukan pembenahan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dan pemasaran agar UMKM Lolipop ini bisa lebih mampu bersaing lagi dengan UMKM lainnya yang berada di kota malang.

 

  • Kedepannya, UMKM Lolipop berharap untuk secepatnya medapatkan hak cipta dan sertifikat Halal. Mereka juga ingin mengekspansi usaha mereka sampai ke seluruh Indonesia bahkan ekspor ke luar negeri.